Tips – Langkah Awal Menjadi Vegetarian

Bayak orang mengatakan sulit untuk menjadi seorang vegetarian, Saya tidak sependapat dengan hal tersebut. Yang menjadi permasalahan adalah keteguhan harti si pelaku tersebut. Anda perlu mencoba dan mencoba, ada pepatah mengatakan bahwa batu yang demikian keras dapat berlubang hanya dengan tetesan air yang terus menerus. Misalkan anda telah mencoba sebanyak 100x dan gagal, anda tidak tahu apa yang akan terjadi dengan usaha anda yang ke 101x. Cobalah dari sekarang.

Saya sendiri telah menjalani diet vegetarian ini selama kurang lebih 4 tahun. Dan hasilnya adalah seperti sekarang ini, saya jarang terkena penyakit pencernaan seperti sembelit, dll. Proses ketika saya menjadi seorang lacto ovo vegetarian tidak-lah sulit. Itu saya lakukan secara bertahap agar hasilnya memuaskan. Banyak sekali pertanyaan dari teman – teman tentang apa kiat saya sehingga masih bisa bertahan menjadi vegetarian sampai sekarang. Berikut ini sarannya :

  1. Tentukan target anda berapa lama akan vegetarian. Saya sarankan targetkan hanya 1 hari saja. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga batin anda dari depresi kegagalan dalam melakukan pantangan tersebut. Jika gagal hari ini lanjutkan hari esok, coba lagi dan coba lagi.
  2. Hapuskan menu makanan berdaging merah(daging sapi, danging kambing, dan hewan berkaki 4 lainnya) dari daftar menu anda sehari-hari. Lakukan dari yang termudah terlebih dahulu. Biasanya, seseorang tidak dapat langsung melepaskan kebiasaan makannya untuk mengkonsumsi daging. Untuk menghadapi hal tersebut, kita lakukan bertahap.
  3. Hapuskan menu berdaging putih (ikan, ayam, bebek, dan hewan berkaki 2 lainnya). Setelah langkah kedua sukses, lakukan ke tahap berikutnya. Tentu saja pada tahap ini anda akan mempertanyakan “dari mana saya akan mendapatkan asupan protein dan vitamin B?”, tentu saja jawabannya dari suplemen makanan. Dalam memilih suplemen makanan yang cocok alangkah baiknya jika anda kritis dan berhati-hati dalam pemakaian jangka panjang, gunakanlah yang murni berasal dari nabati. Perlu anda ketahui bahwa tubuh kita sendirilah yang membangun proteinnya sendiri dari makanan-makanan yang kita makan. Apakah itu produk-produk hewani atau produk-produk nabati yang dimakan, tubuh kita pertama-tama harus memecah mereka menjadi asam-asam amino, yang kemudian digunakan untuk menghasilkan protein manusia. Dengan kata lain anda tidak secara otomatis memperoleh protein yang dapat digunakan dengan memakannya. Semuanya tergantung pada kemudahan produk makanan tadi untuk dipecah menjadi komponen-komponen asam amino. Asam Amino tersebut yang nantinya digunakan oleh tubuh dalam proses metabolism. Ada dua puluh tiga macam asam amino, lima belas di antaranya dapat dihasilkan di dalam sistem kita. Delapan lainnya — yang sering dianggap sebagai asam amino “esensial” — harus berasal dari diet kita. “Jika anda makan buah-buahan apa pun, sayuran, kacang, biji-bijian, atau kubis pada dasar reguler, anda menerima semuaasam-asam amino yang perlu bagi tubuh anda untuk membangun protein yang dibutuhkan.
  4. Tahap selanjutnya yaitu lacto-ovo vegetarianism (lacto= susu, Ovo = telur). Sesuai namanya, pada tahap ini Anda mengkonsumsi biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan ditambah dengan susu dan telur. Anda dapat menjalaninya selama beberapa tahun atau beberapa bulan sebelum Anda melangkah ke pola konsumsi yang murni naba (vegan).
    Pola makan yang seimbang adalah pola makan yang dapat mencukupi kebutuhan gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Komposisi pola makan yang seimbang kurang lebih sebagai berikut : Karbohidrat 50%, Vitamin dan Mineral 25% , Protein 20% dan Lemak 5%.Secara ringkas, untuk memenuhi kebutuhan gizi anda sehari-hari konsumsilah 5 macam warna sayuran atau kacang-kacangan dalam sehari. Minimal anda harus mengkonsumsi 3 macam warna sayuran atau kacang-kacangan dalam sehari.
  5. Tahapan terakhir adalah murni naba, yaitu benar-benar tidak mengkonsumsi susu hewani dan telur. Susu dan telur tersebut dapat digantikan oleh Susu kedelai atau produk olahan kedelai lainnya seperti tahu dan tempe yang sudah lazim di konsumsi kita pada umumnya.

Dari langkah-langkah tersebut tentu saja anda tidak mungkin langsung berhasil ke langkah selanjutnya.Perlu kesabaran,semagat pantang menyerah dan dukungan orang-orang disekitar anda. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melewatinya secara mudah. Jika anda dapat melewati semua tahapan tersebut, anugrah terbesar yang dapat anda rasakan sekarang adalah “kesehatan”. Vegetarian dapat mengurangi resiko terkena kanker dan Jantung serta penyakit berbahaya lainnya.

Tentu saja suatu saat anda merasakan kejenuhan dalam menu sehari-hari anda. Salah satu trik dalam menghaapi permasalahan itu adalah carilah bahan pengganti daging seperti menkin ( sejenis olahan terigu yang dibentuk menyerupai daging), atau jika anda ingin praktis carilah restoran vegetarian terdekat. Banyak orang terlintas dalam pikiannya jika mendengar restoran vegetarian bahwa hanya menjual sayuran saja. Tentu saja tidak, menu masakannya dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai daging pada umumnya, dari rasa, aroma dan warnanya sama persis dengan daging asli.

Semoga berhasil.

Sumber : kaskus

You may also like

Leave a Reply