Tips : Membedakan Sepeda Asli atau Generik (Tiruan)

Yang mana asli dan yang mana palsu?

Yang mana asli dan yang mana palsu?

Seringkali kita melihat produk Specialized / S-Work tiruan yang hampir menipu mata. Memang, untuk beberapa tipe bisa diketahui asli / tidaknya dari tipe yang diciptakan oleh pabrikan. Kebanyakan frame Specialized tiruan tidak pernah terdaftar di pabrikan atau bisa dikatakan bahwa frame tersebut didesain sembarangan dan kemudian diberi identitas ‘Specialized’ atau ‘S-works’. Namun bagaimana jika tipenya terdaftar di pabrikan? Dapatkah kita membedakannya jika dari sisi harga tidak berbeda jauh?

Berikut saya bagikan tips untuk membedakan frame Specialized / S-Works asli atau tiruan dengan hanya melihatnya tanpa harus mengetahui lebih detail tentang bobot, bahan pembuat, dan sebagainya yang bersifat teknis.

  1. Pada gambar 1 dapat dilihat dari bentuk headtube-nya. Pada frame tiruan (kiri) ditemukan lekukan yang tidak halus. Sedangkan tappered headtube pada frame asli terlihat lebih ‘smooth’ alias halus.
  2. Masih di bagian headtube, frame tiruan memiliki logo ‘S’ dengan warna abu-abu. Sedangkan pada frame asli terdapat logo ‘S’ yang berwarna hitam.

Sejauh ini, apa frame yang Anda lihat sudah dapat disimpulkan keasliannya? Jika belum, silakan simak beberapa poin lanjutan di bawah.

Yang kiri tiruan, yang kanan asli

Yang kiri tiruan, yang kanan asli

  1. Fokuskan pandangan Anda pada bagian seatstay pada gambar 3. Lihatlah bagaimana frame tersebut di-las. Pada frame tiruan, alumunium di-las hanya pada bagian belakang seat stay. Sedangkan frame asli di-las hingga bagian depan seat stay.

    Yang kiri tiruan, yang kanan asli

    Yang kiri tiruan, yang kanan asli

  2. Masih di gambar 3, seat clamp pada frame asli dibuat berlubang. Sedangkan seatclamp pada frame tiruan dibuat tidak memiliki lubang.
  3. Perhatikan tempat kabel pada ada gambar 4. Pada frame tiruan (kiri) terlihat tempat kabel yang menonjol jika dilihat dari atas. Sedangkan frame asli jika dilihat dari atas tidak memperlihatkan tempat kabel karena diletakkan di bagian bawah seat stay.

    Yang kiri tiruan, yang kanan asli

    Yang kiri tiruan, yang kanan asli

Beberapa poin yang telah saya sebutkan tadi hanyalah sebagian cara yang dapat Anda amati dengan mata telanjang. Jika tertarik untuk membeli frame SWorks 29SJHT14 dan ingin mengetahui lebih detail mengenai perbedaan yang asli dan tiruan silakan membacanya langsung dari http://www.bicyclebuysell.com. Semoga mendapat lebih banyak manfaat positif dengan membeli frame asli 🙂

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam gowes dan sukses untuk kita semua.

← Previous Post

Next Post →

12 Comments

  1. Tema ini yg gue suka ^_^
    maturnuwun ulasannya..

    mas Anom

  2. bagus ulasan nya…terimakasih cuma gambar nya sekarang ga tampil mas..mohon bisa di perbaiki karena akan sangat membantu para pembaca.

    • Terima kasih om Bayu. Gambar sudah saya perbaiki dan syukurlah bisa tampil kembali dengan kualitas yang lebih baik. Sekali lagi terima kasih om..

  3. gani wahdi

    Terimakasih banyak infonya, semoga sukses selalu

  4. terimakasih

  5. yanto

    Trus kalo gak ada yg buat perbandingan gi,ana bedainnya gan…? yrus kalo giant gmn cara bedainya gan
    …?

    • Tinggal lihat saja bagaimana ciri-ciri frame yang akan agan beli. Untuk frame Giant maaf saya kurang tahu.

    • Gunakan saja foto-foto di tulisan ini sebagai perbandingan. Untuk frame Giant, maaf saya kurang tahu mana yang asli dan mana yang tiruan.

  6. Mas utk cervelo s5 itu yg beda acm dgn ori apanya?

Leave a Reply