Crystal Bay – Sunset Terindah di Nusa Penida

Kapal di Crystal Bay Beach
Kapal di Crystal Bay Beach

Crystal Bay sering dijadikan sebagai destinasi wisata bawah air oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Nusa Penida (Bali). Selain kehidupan bawah airnya yang indah, ternyata kita juga bisa melihat matahari terbenam dari pantai ini.

Bangunan di Crystal Bay
Bangunan di Crystal Bay

Datanglah saat sore sekitar pukul 16.30 WITA ke Crystal Bay dan akan kita lihat beberapa kapal yang sedang berlabuh sambil terombang-ambing terbawa ombak. Di sebelah selatan (sebelah kiri jika menghadap ke pantai) terdapat sungai kecil yang memiliki air cukup bersih. Jangan heran jika ada beberapa warga lokal yang sedang mandi di sungai sekaligus bermain air laut. Namun jika jalan ke arah utara, akan kita temui beberapa bangunan unik di bawah pohon kelapa seperti pada gambar di atas.

Ngedate di Crystal Bay
Ngedate di Crystal Bay

Menjelang gelap, suasana Pantai Crystal Bay menjadi semakin romantis. Beberapa wisatawan yang datang berpasangan duduk semakin ‘nempel’ menghadap ke pantai. Tawa dan teriakan wisatawan yang bermain di air berubah menjadi sunyi. Satu persatu mereka naik dan mengeringkan diri. Hanya terdengar suara ombak dan angin yang berhembus menggesekkan daun kelapa.

Pohon Kelapa sebagai foreground
Pohon Kelapa sebagai foreground

Kondisi air laut yang cukup tinggi (padahal sedang surut) dan tidak adanya batu karang di bibir Pantai Crystal Beach membuat saya tidak dapat memiliki foreground yang indah. Karena melihat beberapa pohon kelapa tumbuh bersebelahan, muncul ide untuk menggunakannya sebagai foreground. Ada juga hammock yang dipasang diantara 2 pohon – membuat koleksi foto sunset saya menjadi lebih bervariasi.

Hammock di Crystal Bay
Hammock di Crystal Bay

Jika langit di barat Pantai Crystal Beach saat itu tidak berawan, mungkin saya bisa mendapatkan foto sunset yang lebih indah. Dapat mengabadikan beberapa foto di atas pun saya sudah beruntung karena seharian Nusa Penida hanya berawan. Saya kira saya akan kehujanan di Crystal Beach, ternyata tidak. Bagi yang ingin mengabadikan sunset di Crystal Beach, silakan ikuti beberapa petunjuk saya :

  1. Usahakan pukul 17.30 WITA sudah berada di Crystal Beach.
  2. Sisi sebelah utara pantai (menyusuri pantai ke arah kanan) memiliki foreground yang lebih bervariasi.
  3. Jangan berharap dapat mengabadikan karang sebagai foreground karena air laut cukup tinggi

Semoga tips di atas membantu Anda ketika ingin mengabadikan sunset di Crystal Beach. Btw, ada yang berminat untuk berkunjung ke Nusa Penida dan melakukan photography trip disana? Yuk kita berangkat bareng pada pertengahan 2017. Silakan kirim email ke anomharya@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

3 Comments

  1. […] Sunset cantik di Crystal Bay Beach […]

    Reply
  2. Kiki
    29/06/2017

    crystal bay emang keren banget ya.
    nggak nyesel udah pernah main kesana 😀

    Reply
    1. Anom Harya
      Anom Harya
      05/07/2017

      Sepakat! Saya juga harus datang 2x kesana karena di kunjungan pertama tidak tahu bahwa di Crystal Beach kita bisa menyaksikan matahari terbenam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *