Raja Lima dan Nama Tebing di Pantai Atuh

Batu Bolong di Pantai Atuh

Di sosial media sudah banyak beredar foto yang menunjukkan keindahan Pantai Atuh. Ternyata tidak hanya pantainya, tebing dan bukit yang berada di sekitar pantai seakan ‘bahu-membahu’ menunjukkan keindahan Pantai Atuh secara keseluruhan.

Begitu tiba, kita bisa memilih untuk terlebih dulu berkunjung ke pasir Pantai Atuh yang putih atau menjelajahi tebing yang terbentang sekitar 1 kilometer menghadap timur. Jika memilih untuk menyusuri tebing, segala penjuru yang mengarah ke laut sangat indah untuk diabadikan.

Jika menyusuri tebing dari arah utara (dari arah Pantai Atuh ke arah Rumah Kayu), kita akan berjalan di atas bukit Labuhampuak. Bukit yang terletak di sebelah kanan Pantai Atuh ini sering dijadikan sebagai spot untuk mengabadikan matahari terbit dengan foreground berupa Karang Batu Bolong dan ditambah dengan misteriusnya siluet Pulau Lombok di ujung garis horison.

Batu Bolong dari Bukit Labuhampuak

Masih dari Bukit Labuhampuak, jika menoleh ke kanan akan kita temui sebuah teluk yang terletak di bawah bukit. Warga setempat menyebutnya dengan Teluk Titibahu. Teluk yang memiliki pantai berpasir putih ini makin indah dengan adanya susunan beberapa batu karang berukuran besar. Dengan tebing yang horizontal, sepertinya Teluk Titibahu tidak bisa diakses dari bukit manapun (kecuali dengan kapal).

Teluk Titibahu

Dengan melangkahkan kaki sedikit lebih jauh ke arah selatan, akan kita lewati tebing yang berada di atas Teluk Parangempu. Dari tebing ini saya sempat melihat 1 Pari Manta sedang berkeliling pantai mencari makan. Sungguh momen yang sangat langka karena pada kunjungan sebelumnya saya harus turun ke bawah air untuk melihatnya langsung. Itupun harus menggunakan kapal dan beradu nyali dengan gelombang laut yang tinggi.

Teluk Parangempu

Pari Manta dari tebing

Dalam perjalanan menuju ke selatan, akan kita lihat sebuah bangunan dari kayu yang berdiri di atas pohon. Rasa penasaran membawa saya untuk mendekati bangunan itu melewati jalan setapak. Semakin mendekat, tebing curam telah menunggu untuk dilewati. Rasa lelah menuruni anak tangga sedikit terbayar ketika saya tiba di Rajalima. Tebing yang menjorok ke arah utara menyajikan keindahan Teluk Parangempu dan Teluk Titibahu dalam 1 frame. Tebing yang sebelumnya saya lewati tampak indah sekali dari spot Rajalima ini.

Rajalima

Jalan untuk menuju bangunan kayu semakin dekat. Kini saya berada di atas Bukit Molenteng, ujung jalan yang mengantar saya menuju bangunan tersebut. Terlihat beberapa papan bertulisan yang memberi informasi bahwa bangunan kayu ini bernama Rumah Kayu. Jika penasaran dengan Rumah Kayu, pernah saya tulis sebelumnya di link ini.

Rumah Kayu di Nusa Penida

Dari Bukit Molenteng kita bisa melihat indahnya lautan di sebelah tenggara Nusa Penida. Adanya Padmasari di ujung tebing membuat saya semakin kagum dengan keindahan dan kearifan lokal masyarakat Hindu di Nusa Penida. Bagaimana tidak, 2x sehari pengelolanya harus naik turun bukit (sekitar 50m) untuk ‘maturang canang’ sebagai wujud terima kasih kepada Sang Pencipta. Terima kasih Tuhan..

Padmasari di Bukit Molenteng

Oh iya, untuk menuju Pantai Atuh tidak mudah jika Anda pertama kali berkunjung kesana. Saya berkunjung ke Pantai Atuh 2x dalam 2 hari karena 2x salah arah dan tiba di bukit yang memiliki jalur trekking ‘kurang santai’. Ikuti petunjuk yang saya berikan di link ini agar Anda tidak tersesat.

Ada yang berminat untuk berkunjung ke Nusa Penida dan melakukan photography trip disana? Yuk kita berangkat bareng pada pertengahan 2017. Silakan kirim email ke anomharya@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

← Previous Post

Next Post →

5 Comments

1. Waaah ini keren banget mas anom..

2. tjendra laman

pernah naik kapal masuk ke pantai ATUH ?

• Saya ga pernah naik kapal ke Pantai Atuh tapi saat berkunjung kesana Oktober lalu ada yang gunakan kapal tradisional untuk berkunjung ke Pantai Atuh.