Motret Sunset di Pantai Nganteb

Sunset di Pantai Nganteb
Sunset di Pantai Nganteb
Sunset di Pantai Nganteb

Memotret matahari terbenam di pantai selatan Malang cukup mengasyikkan lho. Meski lokasinya saling berdekatan, setiap pantai memiliki karakter yang berbeda. Umumnya karakter pantai di Malang memiliki pasir berwarna putih dengan bentuk daratan yang berbukit-bukit dan bahkan memiliki tebing. Tidak sedikit pantai yang memiliki perbedaan ketinggian sekitar 2 – 5 meter dari sisi daratan. Hal ini membuat pasir di pantai selatan Malang seperti turunan dan tanjakan. Dengan kondisi pasir yang cukup tebal, tidak heran jika jalan-jalan di pantai selatan Malang cukup menguras tenaga.

Sunset di Pantai Nganteb
Sunset di Pantai Nganteb

Pantai Nganteb memiliki karakter yang sedikit berbeda dari pantai di sekitarnya. Terdapat hamparan pasir yang cukup landai dengan panjang sekitar 30 meter hingga mencapai air laut. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi calon pengantin yang ingin foto prewedding di wilayah pantai. Tidak menutup kesempatan juga bagi wisatawan yang ingin berfoto keluarga dengan latar belakang pantai. Dengan wilayah berpasir landai, ombak datang ke daratan dengan ‘santai’. Karena datang dan pergi cukup lambat, terkadang tercipta bagian pasir mengkilat sehingga momen dalam foto dapat dikomposisi menjadi refleksi / efek cermin. Dan yang terpenting, kondisi ini membuat semua yang terlibat dalam sesi pemotretan menjadi relatif lebih aman dari gangguan gelombang air tinggi.

Sunset di Pantai Nganteb
Sunset di Pantai Nganteb

Di bagian timur Pantai Nganteb terlihat beberapa perahu sedang berlabuh. Beberapa nelayan yang tidak melaut atau pulang lebih awal terlihat sedang merapikan jaring di sekitar perahu. Menjelang gelap, ada beberapa nelayan yang baru pulang setelah seharian melaut. Jika ada perahu yang akan berlabuh, nelayan yang berada di darat akan berdiri di dekat perlintasan perahu menuju pantai. Setelah perahu menyentuh pasir, mereka semua bahu membahu mendorong perahu sehingga mencapai titik yang aman di daratan. Indahnya momen ini jika diabadikan dengan gaya fotografi human interest.

Sunset di Pantai Nganteb
Sunset di Pantai Nganteb

Sayang sekali saat itu saya sedang sibuk mengoperasikan drone untuk mengabadikan keindahan Pantai Nganteb dari langit. Jika penasaran dengan foto aerial Pantai Nganteb, silakan berkunjung ke tulisan saya yang berjudul “Aerial Photo Pantai Nganteb“.

Anda ingin memotret nelayan yang bergotong royong mendorong perahu? Atau ingin mengabadikan foto sunset dengan foreground perahu nelayan yang sedang berlabuh? Berkunjunglah ke pantai Nganteb.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam njepret dan sukses untuk kita semua.

You may also like

Leave a Reply