Mountain Biking at Secret Track (Bali)

Sudah lama saya mendengar informasi mengenai Secret Track yang berada di Bali. Banyak kawan-kawan dari Bali yang saya kenal mengatakan bahwa jika ke Bali wajib berkunjung ke Secret Track. Informasi pertama yang saya dengar mengenai track ini adalah jalur yang kami lewati dapat mengantar kami dari gunung menuju ke laut.

Titik awal Secret Track merupakan daerah pegunungan yang berada di Bukit Penulisan (Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli). Dengan estimasi keberangkatan dari Denpasar, Bukit Penulisan (1400 mdpl) dapat ditempuh oleh mobil sekitar 150 menit. Meski loading membutuhkan waktu agak lama, jalan yang cukup lebar dan beraspal mulus membuat kami melupakan sejenak jauh dan lamanya perjalanan dari Denpasar menuju Bukit Penulisan.

Sekitar pukul 09.30 WITA sampailah kami di Bukit Penulisan. Terlihat Gunung Agung dan Gunung Batur di sisi utara yang badannya dibalut oleh awan putih sehingga hanya menampakkan beberapa bagian puncak. Begitu turun dari mobil, terdengar gonggongan anjing milik penduduk sekitar yang menyambut kami. Udara segar khas pegunungan membuat kami makin semangat menurunkan sepeda dari mobil agar bisa cepat melibas Secret Track.

Bersiap melibas Secret Track

Persiapan sudah mantap, beberapa menit menuju putaran pedal di Secret Track dibuka dengan sedikit briefing dan doa bersama. Setelah berdoa, kami yang berjumlah 15 orang menuruni aspal pedesaan yang berjarak sekitar 3 km menuju singletrack. Pepohonan di kiri kanan jalan seakan melindungi kami dari teriknya panas matahari siang itu.

Memasuki singletrack, mulai tercipta kabut debu yang dihasilkan oleh beberapa kawan di depan saya. Kata om Kadek, track yang sedang kami lewati adalah Secret Track 1. Track ini sangat cocok bagi kawan-kawan yang menyukai Enduro Gravity karena tanjakan dan turunannya bergantian memompa detak jantung dan adrenalin. Di sebelah kanan singletrack, mulai terlihat Gunung Batur dan danaunya. Jika diperkirakan jaraknya, mungkin hanya sekitar 8km dari titik kami berdiri sekarang. What a great landscape..

Gagahnya Gunung Batur dari Secret Track

Tanjakan dan turunan bergantian menghibur kami hingga sampai di Desa Songan yang masih terletak di Kecamatan Kintamani. Kebetulan di titik kami beristirahat sedang dilaksanakan upacara adat oleh warga sekitar. Dengan ramahnya mereka menawarkan buah-buahan pada kami yang terlihat berkeringat dan sedikit lusuh karena debu. Yang segar-segar begini tidak boleh ditolak. Pisang, semangka, pepaya, dll semuanya masuk perut. Hehehe..

Pasukan Elit Komunitas Priyayi setelah menaklukkan Secret Track 1

Saat istirahat kami berbincang sejenak mengenai Secret Track 2 yang akan kami lalui berikutnya. Memang Secret Track 2 memiliki komposisi 95% turunan dan sisanya tanjakan ringan. Namun sebelum memasuki Secret Track 2 ada sebuah tanjakan yang dinamakan “Tanjakan Setan”. Saya yang tidak percaya bahwa tanjakan itu seram seperti namanya pun mencoba untuk menaklukkannya. Dan hasilnya ternyata tetap 70% ‘nuntun’ sepeda 😀 Bayangkan saja, aspal rusak yang dikombinasi debu tebal dan kemiringan hampir 60 derajat sejauh 1 kilometer – itulah “Tanjakan Setan” yang sempat saya remehkan. Cadas!!!

Sesampainya di puncak, menu makan siang sudah berbaris dan siap disantap. Ada nasi putih, ikan goreng, sambal, dan sayur kacang yang diracik oleh tangan asli Bali. Kenikmatannya sudah tentu khas Bali 😀 Selain menu santapan yang mantap, pemandangan 360 derajat dari tempat kami makan juga tidak kalah menghibur. Dari sebelah utara terlihat lembah perbukitan yang mengarah ke pantai utara Bali dan sebelah tenggara terlihat Danau & Gunung Batur. Saya ulangi lagi statement sebelumnya, what a great landscape!!!

Danau & Gunung Batur di sebelah tenggara Lunch Spot

Perut sudah kenyang, saatnya kami melanjutkan petualangan bersepeda di Secret Track 2. Saat melaju di awal track ini, banyak kami temui singletrack berdebu yang berada di pinggiran bukit. Turunan membuat laju sepeda makin kencang. Lekukan jalur yang berjumlah banyak membuat kami wajib memainkan kontrol sepeda. Bebatuan alami juga tidak lewat dalam menu gowes kami sore itu. Jika Anda adalah penyuka turunan dan memiliki kontrol yang baik saat berada di atas sepeda, Secret Track 2 adalah tempat bermain yang ideal.

Secret Track 2, teknikal penuh

Mendekati finish, semakin banyak jalur beton yang kami temui. Di titik inilah kami banyak disapa oleh warga setempat terutama anak kecil yang saking semangatnya sampai menawarkan tangan untuk ‘toss’ dengan kami. Jalur beton yang panjangnya hampir 4 km tersebut mengantar kami menuju sebuah pantai di daerah Tianyar. Pantai Ketapang yang bersih dan berbatu kerikil rupanya tidak begitu ramai oleh wisatawan sore itu. Tak apa, kami bisa lebih memiliki pantai ini. Hehehe

Pantai Ketapang di Tianyar

Hidangan es kelapa muda yang masih berada di tempurungnya serta tipat cantok (makanan khas Bali) yang mirip dengan ketupat sayur menjadi penutup petualangan kami menjelajah Secret Track sejauh 35 kilometer yang menghubungkan Penulisan hingga Tianyar. Senang sekali bisa menjelajahnya bersama komunitas Priyayi dan kru Gowes ANTV yang kebetulan juga sedang melakukan liputan. Semoga tulisan ini dan tayangan Gowes ANTV tentang Secret Track bisa mengajak para pesepeda untuk makin mencintai Indonesia dari sisi yang tersembunyi..

Penasaran dengan Secret Track? Kebetulan saya sering meng-organize wisata petualangan bersepeda. Jika Anda berminat untuk menjelajahi jalur Penulisan Tianyar dengan bersepeda, silakan hubungi kontak saya di bawah.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam gowes dan sukses untuk kita semua.